Minggu, 28 November 2010

Customer Relationship Management



Pada tanggal 25 November 2010, Inixindo kembali menggelar acara seminar bulanan dengan tema Customer Relationship Management atau biasa dikenal dengan CRM dengan pembicara Bapak Didik Partono Rudiarto.

Seminar ini membahas mengenai aplikasi CRM modern yang memungkinkan sebuah perusahaan untuk menyimpan informasi yang terkait dengan interaksi customer dan mengintegrasikannya dengan fungsi-fungsi yang terkait dengan customer. Mosaik informasi yang didapatkan dari aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk membuat dan mengotomasikan berbagai proses yang mengidentifikasi dan mendeskripsikan customer.

Tujuannya adalah agar customer mendapatkan nilai (value) yang optimal dari perusahaan yang menyediakan layanan atau menjual produk sehingga bisa menjaga kontinuitas kerjasama antara customer - provider secara jangka panjang. Jika dilihat dari sisi perusahaan tentunya akan memberikan kontinuitas bisnis dan keuntungan.

Aplikasi CRM yang banyak tersedia saat ini baik yang menggunakan pendekatan SaaS (Software as a Services) dan cloud computing seperti salesforce.com. Selain itu ada juga yang bersifat komersial seperti Siebel CRM, atau yang non komersial (open source) seperti Sugar CRM.

Seminar ini juga disertai demo implementasi aplikasi Sugar CRM yang sangat bermanfaat baik bagi para profesional bidang bisnis maupun para konsultan Teknologi Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar